Entri Populer

20.8.11

Guru Cueki Upacara HUT RI


Murid SD Berdiri, Puluhan
Guru Duduk Santai

NILAI perjuangan pahlawan sepertinya semakin luntur dan kurang mendapat penghargaan dari generasi sekarang yang tidak lagi mengindahkan sebuah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan. Parahnya, tidak hanya kalangan masyarakat awam, sekelompok guru di Kabupaten Tebo terlihat cuek saat orang dan anak sekolah upacara HUT RI dengan penuh khidmat.

Tingkah puluhan guru dan beberapa PNS ini terlihat saat pelaksaan upacara Peringatan HUT Republik Indonesia Ke-66 di lapangan Garuda Muara Tebo pada Rabu (17/8) kemarin. Tampak Puluhan peserta upacara dengan menggunakan seragam batik khas guru maupun seragam Hansip terlihat santai duduk di pinggir jalan tanpa memperdulikan berlangsungnya upacara yang di pimpin oleh Pejabat Bupati Tebo, Ir H Haviz Husaini MSi.

“Tidak terbayangkan ini bisa terjadi, anak SD aja ikut berbaris hingga upacara selesai, masa mereka para PNS dan beberapa guru enak-enak jongkok dan santai-santai di luar barisan. Kalau begini ya sudah, guru kencing berdiri, anak jadinya juga kencing berlari,” ujar salah satu warga yang menyaksikan upacara HUT Ri di pinggir lapangan Garuda kemarin.

Barisan Tentara, Polri, Pol PP hingga ke anak SD yang khidmat mengikuti upacara seolah-olah tidak menimbulkan rasa malu dari para guru tersebut, bahkan terlihat di antara mereka asik bersenda gurau sambil tertawa. “Seharusnya sebagai yang tua sadar diri dong, kan yang lihat banyak, bukan kita-kita aja,tapi juga anak-anak. Wajar aja kalau anak sekarang pintar melawan,” nada kesal keluar dari mulut seorang orangtua wali murid lainnya yang enggan namanya dipublikasikan.

Usai pelaksanaan upacara, Haviz Husaini saat di wawancarai mengatakan bahwa PNS yang tidak berbaris tersebut akan terus di imbau terus menerus kedepannya, dan minimal Minimal akan ada catatan dari SKPD serta akan di adakan binaan secara terus menerus, dan jangan sampai terulang lagi.

“Kita akan terus imbau dan bina secara terus menerus hingga nanti mereka terbiasa disiplin. Tentunya bagi para PNS dalam acara upacara harus mengikuti dengan disiplin sesuai setiap rangakaian acara,” ujar Haviz kemarin.(*)

Pengikut