Entri Populer

7.10.11

OSIS MAN 2 Giatkan Ekskul Jurnalis

Jurnalis Ciptakan LifeSkill, Hadapi Dunia Kerja

SETELAH resmi dilantik, Ketua Osis Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tebo Periode 2011-2012, Hamzani mulai melaksanakan program kerjanya. Menggantikan Slamet, Hamzani mengawali masa kepemimpinannya sudah menyiapkan program kerja berupa pelaksanaan jurnalistik sekolah.

“Kita menyambut baik dan mengapresiasi keinginan siswa MAN 2 Tebo untuk aktif di bidang jurnalistik. Kita akan bimbing mereka agar lebih baik dalam menjalankan kegiatan ekstrakurikuler ini,” ujar Waka Kesiswaan MAN 2 Tebo, Ardisal saat dijumpai Radar Tebo kemarin (06/10).

Menurut Ardisal, keahlian menulis dapat menjadikan siswa memahami dan mempraktikkan secara langsung teori-teori menulis, sehingga kehadiran ekstrakulikuler jurnalistik bisa membantu siswa dalam memahami pelajaran bahasa.

Apalagi, ekskul jurnalistik sekolah di Kabupaten Tebo memang masih jarang ditemukan. Menurut dia, inilah yang membuat para siswa MAN 2 Tebo mulai bersiap menjajaki dunia ekstrakurikuler yang langka ini. Sebab, kegiatan ekstra di sekolah ini dianggap mampu memberikan life skill. Apalagi, tidak semua lulusan sekolah bias meneruskan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, dengan skill yang dimilikinya itu diharapkan menjadi bekal hidup. Sehingga, ekskul jurnalistik merupakan salah satu diantara kegiatan ekstra yang dapat menyalurkan bakat dan minat siswa.
Kedepannya para pelajar ini akan membuat sebuah koran seputar sekolah yang akrab disebut buletin. Setidaknya, dengan kehadiran buletin sekolah seluruh kegiatan sekolah akan ter-cover dalam penerbitan tersebut.
Manfaatnya pun juga akan banyak. Dimana dengan adanya buletin sekolah, maka mulai bidang redaksi, sirkulasi, tata usaha, disain grafis, hingga advertising (periklanan) akan dijajaki siswa. Bidang redaksi, misalnya, siswa dapat belajar untuk menjadikan sebuah tulisan menarik untuk dibaca dan juga dapat belajar menjadi reporter ataupun wartawan.

“Kehadiran ekstrakurikuler jurnalistik diharapkan kedepannya dapat menjadi sebuah solusi terhadap problematika yang dihadapi oleh siswa, yakni setelah lulus nantinya siswa bisa memanfaatkan skill yang dimilikinya saat ini untuk berkecimpung di dunia kerja,” ujarnya.
Sementara itu, pada tahun sebelumnya kegiatan Osis MAN 2 Tebo yang telah terlaksana yaitu adalah seni rupa, yang mencakup kaligrafi, tari, dan sebagainya. Yang sangat mencirikan keislamannya yaitu adalah kegiatan Sarhil Qur’an, Marhaban, dan Tilawah. Bahkan juga pidato tiga bahasa, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. 
 
“Pada tahun ini jurnalistik adalah merupakan program terbaru. Sebelumnya juga banyak prohram yang telah direalisasikan siswa kita ini,” ujar Pembina Osis MAN 2 Tebo Ade menandaskan.(*)

Pengikut