Entri Populer

10.7.11

Karena Bau, Bersihkan Parit Sendiri

//Ibu Rumah Tangga RT.01 Bundaran Tugu Sultan Thaha///

MUARA TEBO-Tidak tahan karena bau yang tak sedap seorang wanita tua bersihkan genangan limbah disaluran pembuangan air (Parit) Kota Muara Tebo yang terletak di Rt.01 Rw.02 Bundaran Tugu Sultan Thaha Syaifuddin kemarin (04/7).

Genangan limbah yang sudah lama terabaikan dari perhatian dinas terkait ini menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga membuat warga sekitar tidak nyaman. Bahkan pantau Radar Tebo kelokasi kemarin terlihat pasir hitam pekat bau sudah sama datarnya dengan dasar jalan.

“Sayo mako nak bersihan paritko dek didepan rumah, sebab nan nyium bauknyo hidung sayo jugolah, orang diatas sano manola tau, tecium dak kerumahnyo,” keluh Supinah wanita tua yang berumur empat puluhan tahun ini kemarin saat dijumpai harian ini.

Supinah mengaku bahwa hal sedemikian ini kerap dilakukannya, bahkan terkadang setiap sebulan sekali, dan tidak terkecuali beberapa ibu-ibu yang peduli didaerah sekitar parit yang tersumbat tersebut.

Tergenangnya limbah dan menumpuknya pasir di dalam parit tersebut dikatakan warga setempat karena parit Saluran Pembuangan Air Limbah(SPAL) ini dibagian terendahnya buntu, sehingga menghambat air mengalir.

“Limbah ko dak akan ado kalo paritko beelokkan, Cuma nak diapoanlah awak nak ngelokannyo dakdo kan telap, jadi yo nang adokola dibersihan, lagian malun jugo dengan pendatang nan dating kalo ditakkan,” ujarnya pula.

Keluhan warga tentang saluran yang tepat didepan bundaran Sultan Thaha ini sudah sering disampaikan warga, namun entah mengapa sampai saat ini belum juga diperhatikan secara serius, padahl jika parit tersebut dibenahi dan dibuat saluran yang layak maka limbah dan sampah tidak akan menggenang.

Warga berharap dengan adanya contoh kecil kesadaran seorang wanita tua yang biasa dipanggil ibu dengan tugas-tugas mulianya merawat suami dan anak dirumah ternyata masih mampu meluangkan waktunya untuk hal sedemikian ini mampu mengugah hati pemerintah maupun pejabat tingggi Kabupaten Tebo agar terpanggil untuk ikut serta serius mewujudkan kebersihan kota Seentak Galah Serengkuh Dayung ini.

Pengikut